Sabtu, 21 April 2018, Direktur PT. Jamkrida Banten Ir. H. Ahmad Rohendi M.Ak melakukan kegiatan literasi dalam penyelenggaraan kegiatan Seminar Wajib Mahasiswa dengan tema “Akuntansi Penjaminan”, kegiatan ini dilaksanakan di Akademi Akuntansi Keuangan dan Perbankan Indonesia (Akademi AKPI) bersama Neneng Mulyaningsih sebagai moderator.

Seminar ini membahas peran PT. Jamkrida yang membantu permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten untuk mengakses permodalan ke bank atau lembaga keuangan non bank. Sebagai perusahaan penjaminan kredit terbesar yang ada di Provinsi Banten, PT Jamkrida memaparkan bagaimana peran dan fungsi PT. Jamkrida Banten terhadap kontribusi pembangunan dan kontribusi dividen untuk menigkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Banten.

Selain itu dipaparkan laporan Keuangan tahun 2017 PT. Jamkrida Banten dimana setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan dan laporan keuangan mendapat opini wajar dalam semua hal yang material untuk laporan keuangan tahun 2017. Ir. H. Ahmad Rohendi M.Ak mengatakan bahwa ”seminar ini diharapakan menjadi informasi tambahan untuk mahasiswa sebagai wawasan praktis dimana materi kuliah yang sifatnya teoritis”.

“Di Indonesia industri penjaminan masih baru dan sedang berkembang serta tenaga ahli khususnya bidang akuntansi penjaminan akan tinggi kebutuhannya. oleh sebab itu, saya sangat mendukung kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Akademi AKPI tersebut” ujar Ir. H. Ahmad Rohendi, M.Ak yang merupakan lulusan Sarjana Teknik Metalurgi dari Universitas Indonesia dan Magister Akuntansi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Bagian penting dari seminar ini adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana akuntansi penjaminan kredit membawa dampak yang siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Banten. Selain itu, seminar ini merupakan agenda rutin seluruh jurusan yang ada di Akademi AKPI dan diselenggarakan setiap tahun akademik. Di tahun sebelumnya, Akademi AKPI juga pernah mengambil tema seminar diantaranya Akuntansi Desa, Tax Amnesty, dan sebagainya yang sesuai dengan isu-isu terhangat.
(sumber: aakpi-stekpi.ac.id/seminar-akuntansi-penjaminan/)